SMP NEGERI 1 KALIBAWANG

Pantog Wetan, Banjaroya, Kalibawang, Kulon Progo Yogyakarta

TERDEPAN DALAM ILMU TERPUJI DALAM LAKU

TADZARUS AL QUR'AN PAGI

Rabu, 01 Desember 2021 ~ Oleh Admin ~ Dilihat 350 Kali

Sejak diterbitkan Perda Bupati Kulon Progo tentang Pendidiakn Karakter pada tahun 2016 lalu, terjadi revitalisasi program di SMP N1 Kalibawang, diantaranya terkait peraturan untuk siswa, karyawan dan staf tata usaha sampai peraturan yang diterapkan untuk gurunya. Peraturan baru yang diterapkan oleh kepala sekolah salah satu diantaranya adalah program tadarus Al-Quran sebelum pelajaran dimulai yang dilakukan secara bersamaan oleh seluruh dewan guru, karyawan, staf tata usaha, dan siswa SMP N1 Kalibawangdalam durasi kurang lebih 15 menit.

 

Kegiatan tadarus Al-Qur’an untuk siswa diberlakukan tepat pada pukul 07.30 WIB sesuai waktu masuk jam pertama. Selama kegiatan tadarus berlangsung gerbang sekolah ditutup lima menit sebelumnya. Para siswa tersebut secara khusyuk melantunkan ayat-ayat suci Al-Qur’an. Mereka didampingi oleh guru mata pelajaran pada jam pertama di kelasnya. Sementara bagi PTK SMP N1 Kalibawang kegiatan tadarus dilaksanakan tepat pada pukul 07.15 s.d 07.30 WIB karena pada saat ini masih pandemi covid-19 maka tadzarus Al Qur'an secara daring dirumh masing-masing para siswa.

 

Ketua Organisassi Siswa Intra Sekekolah (OSIS) SMP N1 Kalibawang, Sulthon Khalif Winarno mengatakan “kegiatan tadarusan itu sangat bermanfaat bagi kami, karena di rumah belum tentu kami sempat mengaji”, ujarnya saat ditemui pada Rabu (01/25/2021). Menurutnya, kegiatan membaca Al-Qur’an di sekolah sebelum pelajaran tersebut secara nyata menguatkan keimanan siswa dan selalu ingat dengan Al-Qur’an. Senada dengan Mifta, Jeni mengatakan "tiap kali saya masuk ke lingkungan sekolah, suasananya lebih adem dan tenang, karena tiap hari kami mengaji", tutur siswa kelas X tersebut.

 

Kepala SMP N1 Kalibawang Ibu Hj. Sri haryani, S.Pd. M.M., menuturkan jika dirinya sangat senang dan bersyukur oleh adanya kegiatan religi tersebut. Selain kegiatan tadarus Al-Qur’an, pihaknya juga membiasakan siswa gemar membaca dengan melaksanakan literasi di sekolah. Beliau juga ingin mengembangkan bakat siswa sesuai dengan kemampuannya masing-masing. "Saya bangga. Meski belum lama menjabat di sini, tapi saya melihat bakat dan potensi yang dimiliki anak-anak cukup luar biasa," katanya.  

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Sri Haryani, S.Pd.

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Alhamdulillaahi robbil 'aalamiin, puji syukur tak henti hentinya kita panjatkan kehadirat Allah SWT , atas limpahan rahmat,…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Menurut anda, bagaimana keberadaan website SMPN 1 Kalibawang ?

LIHAT HASIL