SMP NEGERI 1 KALIBAWANG

Pantog Wetan, Banjaroya, Kalibawang, Kulon Progo Yogyakarta

TERDEPAN DALAM ILMU TERPUJI DALAM LAKU

MEWUJUDKAN GURU YANG BERPRESTASI, PROFESIONAL DAN JUJUR

Rabu, 08 Juli 2020 ~ Oleh Admin ~ Dilihat 2508 Kali

MEWUJUDKAN GURU YANG BERPRESTASI, PROFESIONAL DAN JUJUR

oleh: Rini Suprapti,S.Pd

Menjadi guru adalah cita cita penulis selepas lulus SMA, menjadi guru yang bisa mengantarkan anak didik menggapai cita –cita dan masa depan yang cerah. Penulis menyadari guru salah satu profesi yang berperan  untuk mewujudkan hal tersebut. Bagaimana yang akan terjadi jika guru sendiri tidak berprestasi dan profesional dalam pekerjaannya ?

            Menurut Undang-Undang  no 20 tahun 2003 , tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Tujuan pendidikan nasional tersebut terwujud karena salah satunya peran dari guru. Pemerintah melalui PP no 74 tahun 2008 telah mengatur tentang guru , jika dicermati   dari peraturan pemerintah tersebut, maka  guru yang berprestasi, memiliki indikator  sebagai berikut :

  1. menghasilkan peserta didik yang berprestasi, baik secara akademik maupun non akademik, ini merupakan kebanggan tersendiri bagi seorang guru
  2. jujur, jujur dan menyadari terhadap profesinya  sebagai guru untuk mendidik,  membimbing , dan mencerdaskan anak bangsa.
  3. mau belajar, meskipun telah menjadi guru, namun tetap mau belajar mengikuti perkembangan, khususnya dunia pendidikan.
  4. peka terhadap peserta didiknya, yaitu mengetahui karakteristik peserta didik, hal ini nantinya berhubungan dengan cara penyampaian materi yang diberikan
  5. disiplin , sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) menaati peraturan yang berlaku , sebagai guru menjaga dan melaksanakan kode etik guru
  6. tertib administrasi , seorang menyusun program pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, melaksanakan program penilaian
  7. akrab menguasai informasi dan alat teknologi, kegiatan belajar mengajar tidak  hanya bersumber dari buku , tapi juga internet . penggunaan teknologi  sangat penting seiring  perkembangan jaman, jika kita hanya sekedar mengajar tanpa ada kreatifitas dan inovasi tentunya akan  ketinggalan jaman.
  8. aktif mencari  informasi , belajar mandiri untuk menambah pengetahuannya yang mendukung kineja sebagai seorang guru.
  9. penuh kasih sayang dalam mendidik , mengasuh, membimbing  , sehingga tumbuh menjadi anak yang berkarakter mulia
  10. guru memiliki kompetensi akademik sesuai bidangnya untuk melaksanakan tugas keprofesionalan
  11. guru memiliki kepribadian yang baik , yaitu bertakwa, arif,bijaksana, jujur ,dan demokratis
  12. guru memiliki kompetensi pedagogik , mengelola peserta didik dalam proses pembelajaran
  13. guru memiliki kompetensi sosial, karena guru adalah bagian dari masyarakat

Dari 13 indikator yang penulis tulis diatas pada intinya guru berprestasi adalah guru yang bekerja secara profesional,  antara profesional dan berprestasi saling berkaitan, guru yang profesional tentu menghasilkan guru yang berprestasi sebaliknya guru berprestasi tentu saja mereka bekerja secara profesional. Namun landasan utama dari berprestasi dan profesional adalah kejujuran, yang ini merupakan salah satu kompetensi kepribadian seorang guru.

Mengacu pada indikator di atas, penulis menyadari untuk  selalu membangun diri, mengajar dengan jelas sehingga siswa mudah memahami, penuh kejujuran dalam bersikap dan bertindak. Serta menjalin hubungan dan kerjasama  yang baik dengan teman seprofesi untuk bersama-sama mendidik,membimbing dan mencerdaskan peserta didik

Menurut Penulis, Guru berprestasi tidaknya hanya untuk mereka yang mengikuti perlombaan penjaringan “guru berprestasi” setiap tahunnya yang diadakan pemerintah, tetapi mereka disebut guru berprestasi jika telah bekerja secara profesional  dilandaskan kejujuran dalam menjalani tugasnya.

           

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT