Oleh : Prof. Dr. Sasmoko, M.Pd
Ciri abad 21 menurut Kemendikbud adalah tersedianya informasi dimana saja dan kapan saja (informasi}, adanya implementasi penggunaan mesin (komputasi}, mampu menjangkau segala pekerjaan rutin (otomatisasi) dan bisa dilakukan dari mana saja dan kemana saja (komunikasi). Ditemukan bahwa dalam kurun waktu 20 tahun terakhir telah terjadi pergeseran pembangunan pendidikan ke arah ICT sebagai salah satu strategi manajemen pendidikan abad 21 yang di dalamnya meliputi tata kelola kelembagaan dan sumber daya manusia ( Soderstrom, From, Lovqvist, & Tornquist, 2011) 1 . Abad ini memerlukan transformasi pendidikan secara menyeluruh sehingga terbangun kualitas guru yang mampu memajukan pengetahuan, pelatihan, ekuitas siswa dan prestasi siswa (Darling-Hammond, 2006 ; Azam & Kingdon, 2014).
Ciri abad 21 menurut Hernawan (dalam Hidayat dan Patras) 2 adalah meningkatnya interaksi antar warga dunia baik secara langsung maupun tidak langsung, semakin banyaknya informasi yang tersedia dan dapat diperoleh, meluasnya cakrawala intelektual, munculnya arus keterbukaan dan demokkratisasi baik dalam politik maupun ekonomi, memanjangnya jarak budaya antara generasi tua dan generasi muda, meningkatnya kepedulian akan perlunya dijaga keseimbangan dunia, meningkatnya kesadaran akan saling ketergantungan ekonomis, dan mengaburnya batas kedaulatan budaya tertentu karena tidak terbendungnya informasi.
Hidayat & Pat ras 3 selanjutnya menjelaskan kebutuhan pendidikan abad 21 menurut Patrick Slattery dalam bukunya yang berjudul “Curriculum Development In The Postmodern” yaitu pendidikan yang berdasarkan pada beberapa konsep berikut:
21th century readiness merupakan kesiapan dalam menyambut abad 21. UNESCO telah membuat 4 (empat) pilar pendidikan untuk menyongsong abad 21, yaitu:
Kompetensi “partnership 21st Century Learning” mengacu pada format pendidikan abad 21 yang diusung oleh Hermawan (2006), yaitu:
1 Sbderstrbrm, T., From, J., Lbvqvist, J & Tornquist, A. (2011). From distance to online education: Educational management in the 21th century. Annual Conference Dublin.
2 Hidayat, R & Patras, Y. E. Pendidikan Abad 21 dan Kuri kulum 2013. Unpak
3 Hidayat, R & Patras, Y. E. Pendidikan Abad 21 dan Kuri kulum 2013. Unpak
4 Asep Herry Hernawan, dkk, 2006. Pengembangan Kuri ku lum dan Pembelajaran. UT Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta
Berita Pengumuman Sekilas-infoCopyright © 2017 - 2025 SMP NEGERI 1 KALIBAWANG All rights reserved.
Powered by sekolahku.web.id