SMP NEGERI 1 KALIBAWANG

Pantog Wetan, Banjaroya, Kalibawang, Kulon Progo Yogyakarta

TERDEPAN DALAM ILMU TERPUJI DALAM LAKU

Menghidupkan Semangat Gotong Royong Siswa SMPN 1 Kalibawang dalam Kegiatan Bedah Rumah Wujud Budaya dan Jati Diri Bangsa yang Perlu diwariskan

Minggu, 01 Maret 2020 ~ Oleh Admin ~ Dilihat 608 Kali

Minggu (1/3) SMP Negeri 1 Kalibawang kembali terlibat aktif dalam kegiatan bedah rumah yang dilaksanakan di kediaman Bapak Duljabar, Dusun Pantog Wetan Rt04/072, Banjaroyo, Kalibawang, Kulon Progo. Kegiatan gotong royong bedah rumah merupakan kegitan rutin yang dilaksanakan SMP Negeri 1 Kalibawang  sebagai wujud nyata pendidikan Karakter. Kepala SMP Negeri 1 Kalibawang mengatakan, “sekolah tidak hanya memberikan pembelajaran yang meningkatkan kecerdasan intelektual saja. Namun sekolah juga memberikan kecerdasan sosial dan spiritual peserta didik. Dari kegiatan ini ada pengembangan karakter kerjasama, gotong-royong dan peduli sesama. Peserta didik bukan hanya mengerti arti gotong royong, namun juga menjadi pelaku yang ikut aktif mendukung program pembangunan pemerintah”. SMP Negeri 1 Kalibawang merupakan salah satu sekolah yang selalu aktif dalam kegitan masyarakat. Kegiatan ini bukan yang pertama kali dilakukan namun sudah yang kesekian kalinya, hal ini dilakukan sebagai salah satu cara untuk menanamkan pendidikan karakter kepada siswa secara nyata. Ibu Rini Suprapti, S.Pd. selaku perwakilan dari keluarga SMP Negeri 1 Kalibawang secara simbolis menyerahkan bantuan sembako kepada putra bapak Duljabar.

Bedah rumah kali ini merupakan moment yang special karena di hadiri oleh Dr.Hasto Wardoyo, Sp.OG(K) Kepala BKKBN pusat yang merupakan mantan Bupati Kulon Progo. Kehadiran Beliau ditengah-tengah masyarakat dapat menjadi penawar kerinduan masyarakat terhadap Beliau. Sejak Beliau menjabat sebagai kepala BKKBN inilah kali pertama masyarakat Kalibawang dapat berjumpa dengan sosok pemimpin yang sangat bersahaja.

Program bantuan bedah rumah kali ini diberikan untuk 10 warga Kulon Progo dari berbagai Kecamatan yang dipusatkan di satu tempat yaitu di rumah Bapak Dul Jabar. Bantuan Diserahkan langsung oleh Direktur Utama Bank BPD DIY kepada masyarakat  dengan nominal Rp. 15.0000.000,-.   Alumni Fakultas Kedokteran UGM tahun 1983 juga memberikan bantuan sebesar Rp.5.000.000,- . Kehadiran alumni FK UGM tahun 1983 dalam kegitan bedah rumah kali ini, juga sekaligus menjadi ajang reuni, mengingat sudah bertahun tahun tidak berjua.  Bapak Hasto Wardoyo yang juga merupakan alumni Fakultas Kedokteran UGM tahun 1983 mengungkapkan kebahagiaanya bisa hadir dalam acara bedah rumah ini.

Dalam sambutanya saat bedah rumah bapak Hasto Wardoyo menyampaikan ucapan terimakasih dan menyambut baik partisipasi dari siswa SMP Negeri 1 Kalibawang dan semua pihak yang telah berjasa mensukseskan acara bedah rumah di rumah Bapak Duljabar.  Gotong royong harus rutin di lakukan dan menjadi tradisi. Bapak Hasto juga menympaikan  terimkasih atas kerjasama yang harmonis TNI, POLRI, PNS, masyarakat dan sekolah. Serta terimakasih kepada BASNAZ Kulon Progo, sebagai mitra kerja yang telah membantu bedah rumah dan mengkoordinir zakat PNS untuk ditasarufkan. Turut hadir Camat Kalibawang, Kepala Desa Banjaroyo (PJ), Dukuh-dukuh Desa Banjaroyo, perangkat Desa Banjaroyo, relawan jajaran Progo Menoreh, polsek, koramil beserta jajaranya  dan Masyarakat sekitar.

Dalam moment kebersamaan ini dengan semangat gotong royong mereka berbaur dengan masyarakat dan para siswa SMP Negeri 1 Kalibawang untuk  meranting batako dan adukan semen yang digunakan untuk membangun rumah. Ditemui saat mengikuti bedah rumah, Brilian siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kalibawang mengungkapkan rasa bangga dapat terlibat langsung dalam kegiatan bedah rumah. Brilian berharap gotong royong perlu terus dikembangkan untuk semakin mendorong masyarakat dapat bekerja sama dalam kegiatan masyarakat, sehingga hal yang terasa berat akan menjadi lebih ringan. Kegiatan ini melatih siswa membiasakan sikap gotong royong, sopan, santun dan saling menghormati, sesuai yang tertuang dalam peraturan daerah nomor 18 tahun 2015 tentang pengelolaan pendidikan karakter.

Dalam Sambutannya ketua panitia bedah rumah Bapak Edy Sutanto, S.Pd. M.Pd. Menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan baik materiil ataupun secara moril tanpa terkecuali kepada keluarga besar SMP Negeri 1 Kalibawang yang sudah berkenan terlibat langsung dalam kegiatan bedah rumah. Gotong Royong merupakan salah satu ciri khas bangsa Indonesia sebagaimana yang tertuang dalam pancasila yaitu sila ke 3 “persatuan Indonesia”. Perilaku gotong royong yang dimiliki Bangsa Indonesia sejak dulu kala. Gotong royong merupakan kepribadian bangsa dan merupakan budaya yang telah berakar kuat dalam kehidupan masyarakat. Budaya itu harus selalu kita wariskan dan tanamkan kepada siswa agar tidak tergerus oleh zaman yang semakin berkembang.

 

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Sri Haryani, S.Pd.

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Alhamdulillaahi robbil 'aalamiin, puji syukur tak henti hentinya kita panjatkan kehadirat Allah SWT , atas limpahan rahmat,…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Menurut anda, bagaimana keberadaan website SMPN 1 Kalibawang ?

LIHAT HASIL